Seperti Hatinya Burung

tentang_cinta12Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Akan masuk surga segolongan kaum, hati mereka seperti hati burung.” (HR. Muslim)

Setiap orang pasti ingin masuk surga. Allah telah memberitahu tentang ciri-ciri orang yang akan menjadi penghuni surga. Salah satunya adalah orang mukmin yang memiliki hati seperti hati burung, sebagaimana disebutkan dalam hadits di atas.

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, burung adalah hewan yang mudah terkejut dan takut. Artinya, seseorang yang memiliki hati seperti burung adalah orang yang memiliki rasa takut kepada Allah.

Dalam hadits yang lain, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengibaratkan ketawakalan seorang mukmin dengan tawakkalnya burung. Burung-burung terbang keluar sarang  waktu pagi dengan perutnya yang kosong. Mereka mencari rizki sepanjang hari. Lalu, kembali ke sarang dalam keadaan kenyang. Mereka tidak menyimpan makanan di sarang, kecuali untuk kebutuhan anak-anaknya yang masih kecil dan belum bisa terbang.

Jadi, orang yang beriman dan memiliki hati seperti burung adalah orang yang memiliki rasa takut kepada adzab Allah dan juga bertawakkal hanya kepada Allah Ta’ala. Mereka inilah yang dijanjikan masuk surga.

*Sumber : Majalah Adzkia edisi 97

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s