Allahu Akbar, Mulai Hari Ini Brunei Resmi Terapkan Syariah

brunei-syariah-islam-hudud_koran1AntiLiberalNews – Brunei Darussalam secara resmi akan menerapkan sistem hukum pidana Syariah. Sultan Hassanal Bolkiah mengumumkan pemberlakuan hukum pidana syariah di Brunei Darussalam mulai Kamis (1/5) hari ini.

“Seraya mengucapkan syukur kepada Allah yang Mahakuasa, saya mengumumkan bahwa mulai besok, Kamis tanggal 1 Mei 2014, kita akan menyaksikan pemberlakuan hukum syariah tahap satu yang akan diikuti tahap-tahap lainnya,” tegas Hassanal Bolkiah dalam pidato yang disampaikan pada Rabu (30/5) pagi seperti dilansir World Bulletin.

Menurut rencana, sebenarnya pemberlakuan hukum pidana Syariah di Brunei dijadwalkan dimulai pada tanggal 23 April lalu. Namun Jauyah Zaini, Asisten Direktur Unit Hukum Islam mengatakan, penundaan dilakukan karena “situasi yang tidak dapat dihindari”.

Hukum pidana Syariah di Brunei akan dilakukan secara bertahap yang berujung pada hukuman mati untuk pelaku pembunuhan, murtadin dan penista agama, hukuman rajam untuk pelaku sodomi dan zina, potong tangan bagi pelaku pencurian, dan pencambukan bagi pelaku aborsi dan penenggak khamr.

Pada awal tahun ini, rencana pemberlakuan hukum pidana syariah menuai protes keras dari berbagai elemen masyarakat di Brunei. Beberapa pihak menganggap hukuman semacam itu “barbar” dan “terbelakang”. Namun, Sultan Hassanal Bolkiah menepis anggapan itu.

“Hawa nafsu manusia menyatakan bahwa hukum Allah keji dan tidak adil, tetapi Allah sendiri mengatakan hukumnya jelas adil,” kata Sultan.

Sistem pengadilan sipil Brunei saat ini memiliki dua jalur. Jalur pertama berdasarkan pada hukum Inggris. Sementara itu, jalur kedua ialah pengadilan Syariah yang sebelumnya hanya memiliki kewenangan terbatas, semisal mengurusi masalah pernikahan dan warisan.

Red : W. Jati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s